AS Tetapkan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Indonesia dalam Daftar Teroris Global

WASHINGTON (Manjanik.net) – Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah memasukkan dan menetapkan organisasi pro Daulah Islam/Islamic State (IS) asal Indonesia yang melakukan serangan di Jakarta pada awal tahun 2016 lalu sebagai organisasi teroris global.

Kementerian Luar Negeri AS pada Selasa (10/1/2017) mengatakan bahwa Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang dibentuk pada 2015 beranggotakan ratusan simpatisan Islamic State (IS).

Pemerintah AS mengatakan, JAD melakukan serangan di Jakarta pada Januari tahun 2016 lalu yang mengakibatkan empat (4) orang tewas dan 4 penyerang juga meninggal dunia.

Sejumlah pejabat AS mengatakan, serangan tersebut didanai seorang anggota Islamic State (IS) yang kini berada di Suriah.

Implikasi dari penetapan ini, lanjut Kemenlu AS, antara lain termasuk larangan bagi warga AS melakukan kontak dan bisnis dengan anggota JAD serta membekukan semua aset atau properti yang terkait JAD di wilayah AS.

JAD dikaitkan dengan sejumlah serangan dan rencana serangan teror di Indonesia, termasuk serangan bom molotov di sebuah gereja di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Kelompok ini juga disebut berencana melakukan serangan pada hari Natal pada bulan Desember 2016 lalu, namun beruntung polisi menggagalkan niatan tersebut. [AH/kps]