Erdogan: Tujuan Utama Operasi Militer Turki di Suriah Untuk Menghabisi IS

ANKARA (Manjanik.net) – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menyatakan bahwa tujuan operasi militer Turki di Suriah bukanlah hanya membebaskan kota al-Bab dari tangan Daulah Islam/Islamic State (IS), namun juga menghabisi IS. Erdogan menambahkan, selain di al-Bab, operasi Turki juga mencakup seluruh wilayah Suriah yang berada di sepanjang perbatasan dengan Turki, termasuk Raqqah.

“Tujuan utamanya adalah untuk membersihkan daerah seluas 5.000 kilometer persegi,” kata Erdogan dalam konferensi pers sebelum keberangkatannya pada kunjungan resmi ke Bahrain, Arab Saudi dan Qatar seperti dilansir Reuters pada Minggu (12/2/2017).

Erdogan dalam kesempatan yang sama juga menyinggung mengenai pembentukan zona aman di Suriah. Dia mengaku telah berbicara dengan sekutunya dari pihak Rusia dan Amerika Serikat (AS) mengenai hal ini.

“Saya telah membahas ini lagi dengan pihak AS dan Rusia, dan Turki siap untuk melakukan pekerjaan infrastruktur di zona, untuk membantu mencegah migrasi dari Suriah dan memungkinkan mereka yang melarikan diri ke Turki untuk pulang kembali ke rumah mereka,” ujarnya.

Erdogan juga mengatakan, zona aman di Suriah perlu didukung dengan turut menerapkan zona larangan terbang. Turki sendiri adalah pihak yang telah lama menganjurkan zona aman bagi warga sipil dan kelompok oposisi moderat atau Shohawat di Suriah utara yang menjadi sekutunya. [SS]